Mobil Lotus adalah produsen Inggris sport dan balap mobil berbasis di bekas tempat RAF Hethel , sebuah Perang Dunia II lapangan terbang di Norfolk . Perusahaan desain dan membangun ras dan mobil produksi ringan dan halus penanganan karakteristik. Hal ini juga memiliki konsultan teknik Lotus Engineering, yang memiliki fasilitas di Inggris, Amerika Serikat, Malaysia dan Cina.
Lotus dimiliki oleh Proton , yang memperolehnya setelah kebangkrutan mantan pemilik Romano Artioli pada tahun 1994.
Perusahaan ini dibentuk sebagai Lotus Engineering Ltd oleh insinyur Colin Chapman dan Colin Dare, baik lulusan dari University College, London , pada tahun 1952. Empat huruf di tengah logo berdiri untuk inisial pendiri perusahaan, Anthony Colin Bruce Chapman.
Pabrik pertama di kandang tua di belakang Hotel Kereta Api di Hornsey , London Utara. Team Lotus , yang memisahkan diri dari Lotus Engineering pada tahun 1954, aktif dan kompetitif di Formula Satu balap 1958-1994. Grup Lotus Perusahaan dibentuk pada tahun 1959. Ini terdiri dari Lotus Mobil Limited dan Lotus Komponen Limited, yang berfokus pada mobil jalan dan pelanggan produksi kompetisi mobil, masing-masing. Lotus Komponen Limited menjadi Lotus Racing Terbatas pada tahun 1971 tetapi baru berganti nama entitas menghentikan operasi pada tahun yang sama.
Perusahaan pindah ke tujuan membangun pabrik di Cheshunt pada tahun 1959 dan sejak tahun 1966 perusahaan telah menduduki pabrik modern dan fasilitas jalan tes di Hethel, dekat Wymondham . Situs ini adalah mantan RAF Hethel dasar dan jalur uji menggunakan bagian dari landasan pacu lama.
Pada tahun 1980, Grup Lotus berada dalam kesulitan keuangan yang serius. Produksi turun dari 1.200 unit per tahun menjadi 383 belaka. Alasan gabungan adalah bahwa dunia berada di tengah-tengah ekonomi resesi , penjualan dalam kunci Amerika Serikat pasar nyaris runtuh, dan karena tidak ada berbagai model aslinya telah didesain ulang atau mengganti mobil dipandang sebagai membosankan dan teknis belakang kali oleh pelanggan potensial.
Pada awal 1982, Chapman datang ke kesepakatan dengan Toyota melalui pertukaran kekayaan intelektual dan keahlian yang diterapkan. Ini awalnya mengakibatkan Lotus Engineering membantu mengembangkan Mk2 Toyota Supra , juga dikenal sebagai Toyota Celica XX . Kedua hal itu memungkinkan Lotus untuk meluncurkan baru Lotus Excel untuk menggantikan penuaan Lotus Eclat , yang menggunakan komponen sasis dari bagian Toyota bin memungkinkan Excel untuk dijual untuk £ 1.109 kurang dari Eclat keluar.
Mencari untuk kembali memasuki pasar Amerika Utara, Chapman didekati oleh profesor hukum muda dan konsultan investasi perbankan, Joe Bianco, yang mengusulkan Serikat yang baru dan terpisah Serikat Perusahaan penjualan untuk Lotus. Dengan menciptakan mekanisme pajak incentived belum pernah terjadi sebelumnya (dimana setiap investor menerima Lotus Esprit Turbo khusus pribadi), perusahaan Amerika yang baru, Lotus Kinerja Mobil Inc (LPCI), mampu menyediakan modal segar untuk Lotus Group di Inggris. Mantan Ferrari Amerika Utara general manager John Spiech dibawa untuk menjalankan LPCI, yang mengimpor luar biasa Giugiaro dirancang Turbo Esprit untuk pertama kalinya. Penjualan AS mulai cepat melompat ke tiga digit per tahun.
Chapman meninggal dari serangan jantung pada tahun 1982 pada usia 54, setelah mulai kehidupan seorang putra pemilik penginapan dan berakhir seorang industrialis multi-jutawan dalam pasca-perang Inggris. Pada saat kematiannya, pembuat mobil telah dibangun puluhan ribu balap sukses dan mobil jalan, dan memenangkan Formula Satu Kejuaraan Dunia tujuh kali.
Pada saat kematiannya, baik Chapman dan Lotus dikaitkan dengan DeLorean Motor Company skandal atas penggunaan Pemerintah Inggris subsidi untuk produksi DeLorean DMC-12 , yang Lotus telah dirancang chassis . Mengejar uang dalam jumlah besar yang telah menghilang dari perusahaan DeLorean, Lotus dikepung oleh Inland Revenue inspektur, yang memberlakukan 84 juta £ hukum "penilaian pelindung" sekitar perusahaan dan semua asetnya.
Komentar
Posting Komentar