Mazda (マツダMatsuda) adalah produsen mobil yang bermarkas di Hiroshima , dan tanaman di kota-kota Hiroshima (Ujina pabrik), Nishinoura, Nakanoseki (Hofu) dan Miyoshi, Jepang . Pada 2.010 , menghasilkan 1.307.540 penjualan mobil di China , Jepang , Eropa , Amerika Selatan dan Amerika Utara .
Mazda mulai sebagai Toyo Cork Kogyo Co, Ltd, didirikan di Jepang pada tahun 1920. Toyo Cork Kogyo berganti nama sendiri untuk Toyo Kogyo Co, Ltd pada tahun 1927. Toyo Kogyo pindah dari peralatan mesin manufaktur untuk kendaraan dengan pengenalan Mazda-Go pada tahun 1931. Toyo Kogyo memproduksi senjata untuk militer Jepang di seluruh Perang Dunia Kedua , terutama seri 30 sampai 35 Tipe 99 senapan . Perusahaan secara resmi mengadopsi nama Mazda pada tahun 1984, meskipun setiap mobil yang dijual dari awal menanggung nama itu. The R360 Mazda diperkenalkan pada tahun 1960, diikuti oleh mesin Mazda pada tahun 1962.
Upaya ini untuk membawa perhatian pada dirinya sendiri tampaknya membantu, seperti Mazda dengan cepat mulai mengekspor kendaraan. Kedua piston bertenaga model dan rotary bertenaga membuat jalan mereka di seluruh dunia. Model putar dengan cepat menjadi populer untuk kombinasi kekuatan yang baik dan ringan jika dibandingkan dengan bermesin piston pesaing yang diperlukan lebih berat V6 atau V8 mesin untuk menghasilkan kekuatan yang sama. The R100 dan RX terkenal seri ( RX-2 , RX-3 , dan RX-4 ) memimpin upaya ekspor perusahaan.
Selama tahun 1968, Mazda mulai beroperasi resmi di Kanada (MazdaCanada) meskipun Mazdas terlihat di Kanada pada awal tahun 1959. Pada tahun 1970, Mazda secara resmi memasuki pasar Amerika ( Mazda Amerika Utara Operasi ) dan sangat sukses di sana, akan sejauh untuk menciptakan Pickup Mazda Rotary (berdasarkan pada piston konvensional bertenaga B-Series model) semata-mata untuk pembeli Amerika Utara. Sampai hari ini, Mazda tetap produsen mobil satunya telah menghasilkan sebuah truk pickup Wankel bertenaga. Selain itu, juga merupakan marque hanya pernah menawarkan bus-powered rotary (Parkway Mazda, ditawarkan hanya di Jepang) atau station wagon (dalam RX-3 & RX-4 baris untuk pasar AS).
Keberhasilan rotary Mazda berlanjut sampai terjadinya krisis minyak tahun 1973 . Sebagai pembeli Amerika (serta orang-orang di negara-negara lain) dengan cepat berubah menjadi kendaraan dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik, yang rotary bertenaga relatif haus model mulai jatuh dari nikmat. Sebuah Toyo sudah dililit hutang Kogyo berada di ambang kebangkrutan dan hanya diselamatkan melalui intervensi dari Bank Sumitomo . [5] Bijak, perusahaan tidak benar-benar berbalik pada mesin piston, karena terus menghasilkan berbagai empat- silinder model sepanjang tahun 1970-an. Semakin kecil Familia garis pada khususnya menjadi sangat penting untuk penjualan di seluruh dunia Mazda setelah tahun 1973, seperti yang dilakukan agak lebih besar seri Capella.
Dari tahun 1979 sampai 2010, Mazda memiliki kemitraan dengan Ford Motor Company , yang membeli saham 7% pada tahun 1979 dan pada tahun 1996, memiliki 33,3% dari Mazda. Di bawah administrasi Alan Mulally , Ford secara bertahap melakukan divestasi sahamnya di Mazda mulai 2008 hingga 2010, dengan Ford saat ini memegang 3% saham Mazda dan memutuskan produksi serta hubungan pembangunan.
Kesulitan keuangan Mazda selama tahun 1960-an mengakibatkan investor perusahaan baru, Ford Motor Company . Dimulai pada tahun 1979 dengan kepemilikan saham 7 persen keuangan, Ford mulai kemitraan dengan Mazda yang dihasilkan dalam proyek bersama berbagai. Selama tahun 1980, Ford memperoleh saham keuangan lain 20 persen. Ini termasuk upaya besar dan kecil di seluruh area lanskap otomotif - terutama di bidang truk pickup (seperti Mazda B-Series , yang melahirkan varian Courier Ford di Amerika Utara pada tahun 1972) dan mobil kecil. Misalnya, Mazda Familia platform yang digunakan untuk model Ford seperti Laser dan Escort , sedangkan arsitektur Capella menemukan jalan ke Ford Telstar sedan dan Probe olahraga model. Pada tahun 2002 Ford mendapatkan sebuah saham 5 persen ekstra keuangan.
Probe ini dibangun di pabrik Mazda baru perakitan di Flat Rock, Michigan bersama dengan sedan 626 mainstream (versi Amerika Utara dari Capella) dan pendamping Mazda MX-6 olahraga coupe. (Tanaman ini sekarang usaha Ford-Mazda sendi yang dikenal sebagai AutoAlliance International .) Ford juga telah meminjamkan Mazda beberapa kapasitasnya saat dibutuhkan: 121 Mazda yang dijual di Eropa dan Afrika Selatan, untuk sementara waktu, sebuah varian dari Ford Fiesta dibangun di pabrik di Eropa dan Afrika Selatan. Mazda juga telah membuat upaya di masa lalu untuk menjual beberapa mobil Ford di Jepang, terutama melalui kelompok dealer Autorama.
Komentar
Posting Komentar