Suzuki Motor Corporation adalah perusahaan Jepang yang memproduksi kendaraan seperti mobil dan sepeda motor. Mereka memiliki tempat produksi yang terletak di lebih dari 23 negara. Pesaing utama mereka adalah Chevrolet, Ford, Honda, dan Toyota. Sementara partner mereka adalah Nissan, Mitsubishi, Mazda, dan Volkswagen. Pada awalnya, General Motors memiliki saham mayoritas di Suzuki. Kini Grup Volkswagen telah membeli 19,9% saham Suzuki .
Suzuki Motor
Company didirikan oleh Michio Suzuki, seorang putra ke petani kapas Jepang. Dia
lahir di Hamamatsu, sebuah kota kecil 200 km dari Tokyo, pada tahun 1887.
Seperti Michio tumbuh ia menjadi seorang tukang kayu dan seorang pria muda yang
giat. Pada tahun 1909, pada usia 22, ia membangun sebuah alat tenun
pedal-driven kayu, dan mulai menjual produknya. Suzuki Loom Works didirikan.
Bisnis ini berjalan lancar, saham agar tumbuh dan Michio Suzuki dikembangkan lebih
lanjut mesinnya untuk industri sutra. Baru, mesin jauh lebih canggih
dikembangkan dan bisnis itu mekar.
Sebelas tahun kemudian, pada tahun 1920, Michio Suzuki memutuskan untuk memperkenalkan bisnisnya ke bursa. Hari-hari sebuah bisnis keluarga kecil yang lama pergi, Michio Suzuki membutuhkan modal untuk dapat mengembangkan usaha untuk memenuhi tuntutan pasar yang berkembang. Pendirian Suzuki Loom Manufacturing Company (Suzuki Jidosha Kogyo) pada bulan Maret 1920 dianggap sebagai awal dari Suzuki Motor Company seperti yang kita kenal sekarang. Perusahaan merayakan 80 tahun ulang tahun pada tahun 2000.
Suzuki Loom Manufacturing Company mendapatkan modal yang dibutuhkan untuk investasi dan perusahaan ini sekarang berkembang cepat. Sudah pada tahun 1922 Suzuki Jidosha Kogyo adalah salah satu produsen tenun terbesar di Jepang.
Pada saat itu, Jepang bukanlah kekuatan industri besar yang diketahui saat ini. Item ekspor terpenting adalah kain dan kain. Pada tahun 1926 baru-mapan Suzuki Loom Manufacturing Company mulai mengekspor alat tenun ke Asia Tenggara dan India. Tapi pasar akan segera puas, berkualitas tinggi alat tenun dari Suzuki berlangsung hampir selamanya dan permintaan untuk alat tenun baru mulai secara bertahap lebih kecil. Suzuki mulai mempertimbangkan memproduksi hal-hal lain di samping mesin tenun.
Ada hampir tidak ada produsen sepeda motor atau mobil di Jepang sebelum Perang Dunia Kedua. Soichiro Honda adalah membangun cyclemotor pertamanya pada tahun 1947. Di Eropa dan Amerika Serikat sudah ada sepeda motor dan mobil industri selama beberapa dekade.
Motor Otto telah dipatenkan di Jerman pada tahun 1876 dan Einspur tersebut, prototipe sepeda motor pertama Gottlieb Daimler dibangun pada tahun 1885. Robert Bosch memperkenalkan rendah ketegangan dinamo sepeda motor sebelum akhir abad ke-19 dan pada saat Michio Suzuki sedang merancang alat tenun pertamanya, perusahaan-perusahaan Eropa seperti Zedel (kemudian NSU), Royal Enfield, Puch, Peugeot, Norton dan Husqvarna sudah memproduksi sepeda motor, serta India dan Harley-Davidson di Amerika. Sudah ada majalah sepeda motor dan klub motor terorganisir uji reliabilitas di Eropa. Isle Of Man TT pertama-ras diadakan pada tahun 1907, dua tahun sebelum Michio Suzuki memulai karya tenun nya.
Tidak ada pertanyaan tentang hal itu, Jepang tidak pelopor dalam merancang sepeda motor. Para pabrikan Jepang datang ke dekade kerja setelah Eropa dan pada awalnya mereka kebanyakan meniru desain dan solusi teknis dari mesin Eropa. Tapi kita semua tahu apa yang terjadi, beberapa dekade setelah Perang Dunia Kedua pabrikan Jepang mendominasi pasar sepeda motor perkasa ini dari dunia.
Pada tahun 1938 Suzuki membuat prototipe pertama dari mobil, didasarkan pada Austin Seven. Tim peneliti Suzuki telah membeli Austin dari Inggris, dibongkar dan dipelajari dan beberapa bulan kemudian mampu membuat replika dari mobil 737cc Brittish. Jepang memiliki pengetahuan teknis sedikit tentang bagaimana untuk memproduksi mobil atau sepeda motor yang baik dan meniru produsen mobil di Eropa tampaknya menjadi cara untuk memulai.
Tapi waktunya adalah buruk. Jepang sudah prepairing untuk perang. Proyek ini ditinggalkan dan versi Suzuki dari Tujuh Austin tidak pernah diproduksi massal. Itu tidak akan menjadi ide original bagaimanapun, mobil pertama Nissan didasarkan pada Austin Seven.
Setelah perang diikuti periode pembangunan kembali dan ketidakstabilan ekonomi. Pembuatan tenun tenun diperbaharui namun gelombang serangan di empat puluhan dan awal lima puluhan dan struktur pasca-perang keuangan kacau hampir menghancurkan Suzuki Perusahaan manufaktur Loom.
Menurut cerita itu anak Michio Suzuki, Shunzo, yang datang dengan ide motorizing sepeda hari jatuh ketika mengendarai pulang dari memancing. Tanpa tujuan tertentu, hanya untuk kesenangan sendiri, Shunzo pergi ke papan gambar di rumah dan mulai merancang cyclemotor sendiri. Namun cerita ini benar atau tidak, cyclemotors manufaktur menyelamatkan perusahaan dari tepi kecelakaan.
Pada bulan November 1951 para insinyur dari Suzuki Loom Manufacturing Company mulai merancang sebuah mesin yang bisa melekat pada sepeda. Idenya adalah tidak unik, sebenarnya ada lebih dari 100 perusahaan Jepang lainnya yang telah datang dengan ide yang sama. Soichiro Honda mulai nya Honda Technical Research Institute pada tahun 1946 dengan merenovasi mesin kecil yang digunakan digunakan oleh tentara Jepang selama perang dan dipasang mereka ke sepeda. Setahun kemudian Honda mulai membuat mesin mereka sendiri. Pada saat Suzuki menempatkan cyclemotor pertamanya ke dalam produksi Honda (sekarang berganti nama menjadi Honda Motor Company) yang dimiliki 70% dari pasar komuter.
Sebelum Power mesin Gratis 36cc dirilis, sebuah prototipe 30cc, yang diberi nama "Atom" diciptakan oleh Suzuki. Atom itu tidak pernah diproduksi massal.
Kualitas tinggi dari cyclemotor Suzuki berhasil untuk berdiri keluar dan membuatnya menjadi hit besar di Jepang. Banyak ide-ide asli Shunzo Suzuki digunakan pada produk akhir.
Mesin adalah "persegi" 36 x 36 mm piston-porting dua-stroke dipasang dalam bingkai siklus, tepat di atas pedal. Ini didukung siklus melalui rantai mengayuh normal dan diperlukan khusus rantai-roda untuk memungkinkan pengendara untuk bebas-roda sementara mesin sedang berjalan. Mesin juga bisa dibantu pedal-, atau terputus sama sekali.
Sistem ini sangat cerdik, Kantor Paten dari pemerintahan demokratis baru yang diberikan Suzuki subsidi keuangan untuk melanjutkan penelitian ke teknik sepeda motor.
Tidak seperti kebanyakan pesaingnya, Free Daya tidak menggunakan tentara surplus atau mesin milik dan dibangun sepenuhnya oleh Suzuki. Suzuki diproduksi bahkan karburator dan roda gila magneto.
Jenis | Public (TYO: 7269) |
---|---|
Industri | Industri otomotif |
Didirikan | 1909 (sebagai Suzuki Loom Works) |
Pendiri | Michio Suzuki |
Kantor pusat | Hamamatsu, Prefektur Shizuoka, Jepang |
Tokoh penting | Osamu Suzuki, Ketua Dewan Direktur, Presiden, CEO, COO dan Representative Director |
Produk | |
Pendapatan | ▼$33,46 miliar (2008) |
Laba usaha | ▼$856,6 juta (2008) |
Laba bersih | ▼$305,43 juta (2008) |
Karyawan | 14.266 (2009) |
Situs web | www.globalsuzuki.com |
Komentar
Posting Komentar