Langsung ke konten utama

Proton



Proton Malaysia adalah produsen mobil yang bermarkas di Subang Jaya dan Shah Alam , Selangor , Malaysia , dengan pabrik manufaktur di Tanjung Malim , Perak . Didirikan pada tahun 1983, itu adalah produsen mobil satunya Malaysia sampai pembentukan produsen mobil nasional sekunder, Perodua , pada tahun 1993. Namanya adalah Melayu singkatan untuk P e r usahaan Oto mobil N asional (Inggris: National Automobile Perusahaan).
Ini adalah anggota inti dari Proton Holdings Berhad , perusahaan induk yang terdaftar di Bursa Malaysia . Sebuah Mayoritas ekuitasnya dimiliki oleh konglomerat Malaysia DRB-HICOM , yang membeli saham 42.74% di Holdings Proton untuk 1291000000 ringgit ($ 413.100.000) dari Khazanah Nasional pada Januari 2012.
Selama lebih dari dua dekade sejak berdirinya, saham ini dimiliki bersama oleh Mitsubishi Motors dan orangtua Mitsubishi Corp yang masing-masing memegang saham 7,93% di Proton sampai mereka menjualnya pada bulan Maret 2004. Mitsubishi dibuang seluruh sahamnya 15,86% di Proton, yang sebagian besar dijemput oleh Khazanah Nasional, yang sebelumnya dimiliki 42,7% saham Proton. Mitsubishi-Proton kemitraan datang ke sebuah akhir karena kurangnya transfer teknologi.


Proton didirikan pada tanggal 7 Mei 1983 dengan arahan dari mantan Perdana Menteri , Dr Mahathir Mohamad . Itu Malaysia 's produsen mobil yang dominan sampai pembentukan Perodua pada tahun 1993. Berdasarkan teknologi dan bagian dari Mitsubishi Motors , produksi model pertama, Proton Saga dimulai pada bulan September 1985 di pabrik pertama di Shah Alam , Selangor . Awalnya komponen mobil yang seluruhnya diproduksi oleh Mitsubishi tapi bagian perlahan lokal digunakan sebagai teknologi yang ditransfer dan keterampilan yang diperoleh. The Proton Saga 100.000 diproduksi pada bulan Januari 1989. [1]
Pada tahun 1993, model yang disebut Proton Wira diperkenalkan berdasarkan pada Lancer Mitsubishi / Colt . Lebih dari 220.000 unit terjual antara 1996 dan 1998. [2] Proton Perdana , berdasarkan Galant Mitsubishi / Eterna , pertama kali diproduksi pada tahun 1995, yang ditujukan untuk pasar akhir yang lebih tinggi.
The Waja Proton ( Proton Impian di Inggris), diluncurkan awal 2001, adalah model mobil pertama dirancang secara internal oleh Proton. Pada tahun 2002 Proton mengadakan pangsa pasar lebih dari 60% di Malaysia, yang dikurangi menjadi 30% pada tahun 2005 dan dikurangi lebih lanjut pada tahun 2008 ketika AFTA mandat mengurangi tarif impor maksimal 5%.
Dengan akuisisi Lotus teknologi pada tahun 1996 dari ACBN Holdings, Proton memperoleh tambahan sumber rekayasa dan keahlian otomotif. Hal ini menyebabkan produksi Proton Gen-2 yang adalah kode-nama Wira Penggantian Model (WRM) sebelum peluncuran. The Gen • 2 adalah yang pertama dari mobil yang akan diproduksi dan dirakit di pabrik baru di Tanjung Malim , Perak yang merupakan bagian dari Kota Proton proyek pembangunan. Pabrik dibuka pada 26 Februari 2005.
Pada tanggal 8 Juni 2005, Proton memperkenalkan model kedua yang diproduksi di Tanjung Malim, 1.200 cc 5-pintu supermini, dengan Proton Savvy . Kedua Gen • 2 dan Savvy, adalah model yang MG Rover sedang mencari untuk rebadge ketika perusahaan Inggris mengadakan pembicaraan kerjasama dengan Proton. Namun, joint-venture perundingan tidak berhasil dan MG Rover kemudian runtuh.
Pada tahun 2007, Proton meluncurkan sedan baru sebagai pengganti Sedan Wira tetapi dengan nama baru, Persona, yang sebelumnya digunakan sebagai nama ekspor untuk model luar Malaysia. Baru Proton Saga pengganti model (CODEC Proton BLM ) diluncurkan pada tanggal 18 Januari 2008. Saga baru ini didasarkan pada platform Savvy, tapi menggunakan 1.3L CamPro bukan mesin Renault. Selain itu, Proton mengadakan pembicaraan dengan Mitsubishi Motors sekali lagi, dan pembicaraan akan positif dan kolaborasi yang dihasilkan menyebabkan pengenalan Inspira [3] dan pembicaraan akan positif. [4] yang Waja pengganti didasarkan pada Lancer Mitsubishi sebagai serta rebadging dari Proton Persona dan Proton Exora sebagai kendaraan Mitsubishi di pasar tertentu. Pada 2 Agustus 2008, Proton telah menghasilkan 3 juta mobil sejak tahun 1985, di mana mobil 3000000 adalah Saga generasi kedua.
Pada 2012, Proton akan meluncurkan mobil pertama global, Proton Prevé (nama kode yang dikenal sebagai Proton P3-21A ) pada tanggal 16 April.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lamborghini

Automobili Lamborghini SpA tak tertandingi  sebagai produsen ekstrim dan tanpa kompromi mobil syaiport super di seluruh dunia. Mobil Lamborghini yang tak tertandingi melalui perpaduan mereka: yaitu  desain menarik, •  dinamika berkendara tertinggi, • kemampuan teknologi, • pengerjaan canggih dan • tingkat yang sangat tinggi kualitas. Sebuah mobil sport Lamborghini eksklusif, sensual, provokatif dan selalu agaknya Italia. Hampir di tempat lain telah begitu banyak legenda mobil telah dibuat dalam beberapa dekade terakhir. Lamborghini adalah lebih dari sekedar produsen tertandingi mobil super sport, Lamborghini telah menjadi legenda dalam dunia mewah untuk waktu yang lama. Sejak Ferruccio Lamborghini disajikan mobil pertama dengan namanya dalam bentuk 350 GTV pada tahun 1963, mobil sport dari Sant'Agata Bolognese telah menjadi bagian dari gaya hidup para pecinta mobil di seluruh dunia. Miura, Countach dan Diablo hanya tiga contoh dari sejarah yang kaya merek ini. Mereka adalah salah

Porsche

Porsche Automobil Holding SE, biasanya disingkat menjadi Porsche (pengucapan Jerman: [pɔʁʃə] [3] ) atau Porsche SE, seorang Europaea Societas atau Perusahaan Publik Eropa , Jerman adalah perusahaan holding dengan investasi di industri otomotif . Porsche SE berkantor pusat di Zuffenhausen, sebuah distrik kota Stuttgart , Baden-Württemberg dan dimiliki oleh Piech dan Porsche keluarga, dan Qatar Holdings, melalui Qatar Investment Authority (10%).  Porsche dimiliki 50.73% dari suara yang hak di Volkswagen AG ,  dan 50,1% dari Zwischenholding Porsche GmbH, yang memiliki 100% dari Dr Ing. hc F. Porsche AG, produsen berbagai mobil sport dan SUV . Pada Juli 2012, diumumkan bahwa Volkswagen AG mengambil alih Porsche sepenuhnya. Perusahaan ini didirikan di Stuttgart sebagai Dr Ing. hc F. Porsche GmbH pada tahun 1931 oleh Ferdinand Porsche , seorang insinyur Austria lahir di Maffersdorf, selama masa Kekaisaran Austro-Hungaria , dan anak-in-hukum Pors

Mitsubishi

Grup Mitsubishi dikenal sebagai Kelompok Mitsubishi Perusahaan atau Perusahaan Mitsubishi) adalah Jepang multinasional konglomerat yang terdiri dari berbagai usaha otonom yang berbagi Mitsubishi merek , merek dagang , dan warisan. Kelompok Mitsubishi perusahaan membentuk entitas longgar, Mitsubishi Keiretsu , yang sering dirujuk dalam bahasa Jepang dan AS media dan laporan resmi, secara umum perusahaan-perusahaan semua turun dari zaibatsu dengan nama yang sama. Top 25 perusahaan juga anggota Kin'yōkai Mitsubishi, atau "Jumat Club", dan bertemu setiap bulan. Selain itu Komite Mitsubishi.com ada untuk memfasilitasi komunikasi dan akses dari merek Mitsubishi melalui situs web portal. Perusahaan Mitsubishi pertama kali didirikan sebagai pengiriman perusahaan dengan Yataro Iwasaki (1834-1885) pada tahun 1870. Pada tahun 1873, namanya diubah menjadi Mitsubishi Shokai. Nama Mitsubishi ( 三 菱 terdiri dari dua bagian: "Mitsu" yang berarti