Maserati adalah sebuah mobil mewah italia produsen didirikan pada tanggal 1 Desember, 1914 di Bologna . Kantor pusat perusahaan adalah sekarang di Modena , dan emblem adalah sebuah trisula . Telah dimiliki oleh mobil raksasa Italia Fiat SpA sejak tahun 1993. Di dalam Grup Fiat, Maserati awalnya dikaitkan dengan Ferrari SpA , tetapi baru-baru ini telah menjadi bagian dari kelompok, termasuk mobil sport Alfa Romeo .
Saudara-saudara Maserati, Alfieri , Bindo , Carlo , Ettore , dan Ernesto semuanya terlibat dengan mobil dari awal abad ke-20. Alfieri, Bindo dan Ernesto dibangun 2-liter Ulasan Grand Prix mobil untuk Diatto . Pada tahun 1926, Diatto menghentikan produksi mobil balap, yang mengarah pada penciptaan Maserati pertama dan pendiri marque Maserati. Salah satu Maseratis pertama, didorong oleh Alfieri, memenangkan tahun 1926 Targa Florio . Maserati mulai membuat mobil balap dengan 4, 6, 8 dan 16 silinder (dua lurus-delapan dipasang sejajar satu sama lain). Seorang saudara Maserati, Mario, seniman, diyakini telah merancang perusahaan trisula emblem, berdasarkan Fontana del Nettuno, Bologna . Alfieri Maserati meninggal pada tahun 1932, namun tiga bersaudara lainnya, Bindo, Ernesto dan Ettore, terus perusahaan akan, membangun mobil yang memenangkan balapan.
Pada tahun 1968, Maserati diambil alih oleh produsen mobil Perancis, Citroen . Adolfo Orsi tetap presiden nominal, namun Maserati berubah banyak. Model-model baru diluncurkan, dan dibangun dalam jumlah yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Citroën meminjam keahlian Maserati dan mesin untuk SM Citroën dan kendaraan lainnya, dan Maseratis juga memasukkan teknologi Citroën, khususnya di hidrolika .
Model-model baru termasuk Bora Maserati , yang diproduksi secara massal pertama pertengahan bermesin Maserati, pada tahun 1971, dan Merak Maserati dan Maserati Khamsin segera setelah itu, yang Maserati Quattroporte II , yang berbagi beberapa bagian dengan Citroën SM , tidak pernah datang ke dalam produksi, meskipun tujuh dibuat untuk pesanan khusus. Para krisis minyak 1973 , Namun, mengerem ekspansi ambisius ketika permintaan untuk bahan bakar-lapar mobil sport menyusut. Citroën bangkrut pada tahun 1974 dan pada tanggal 23 Mei 1975, pengendali baru grup PSA Peugeot Citroën menyatakan bahwa Maserati juga dalam administrasi. [4] bertumpu oleh dana pemerintah Italia (GEPI, Societa di Gestioni e Partecipazioni Industriali dello Stato Italiano), yang Perusahaan ini disimpan dalam bisnis.
Mesin Maserati dan gearbox yang terkait telah digunakan dalam kendaraan lain seperti Rally khusus disiapkan Citroën DS, seperti yang digunakan oleh Bob Neyret di Bandama Rally atau di Ligier JS 2.
Pada tahun 1975 perusahaan ini diambil alih oleh Alejandro de Tomaso , [4] suatu Argentina mantan pembalap, yang menjadi managing director. De Tomaso, dengan bantuan dari GEPI, [5] telah mengatur untuk Benelli sepeda motor perusahaan, yang ia dikendalikan, untuk membeli Maserati dari Citroen dan menginstal dirinya sebagai kepala. Dimulai pada tahun 1976 model baru diperkenalkan, termasuk Kyalami Maserati dan kemudian Maserati Quattroporte III pada tahun 1979.
Tahun 1980-an melihat perusahaan sebagian besar meninggalkan mobil sport mid-engined mendukung tepat gaya, depan bermesin , rear-drive coupe , lebih murah dari sebelumnya, tetapi dengan kinerja yang agresif, seperti Maserati Biturbo . The Maserati Biturbo mesin ini dipasang di besar jumlah model, komponen berbagi kunci semua. Ini termasuk coupe dua pintu pendek, Karif Maserati , dan cabriolet , yang Spyder , dirancang oleh Zagato . Versi terakhir dari Biturbo Maserati disebut Maserati Racing . Ini telah menjadi model transisi di mana beberapa fitur dapat ditemukan di II Ghibli dan Shamal diuji. Dua baru coupe, yang Shamal Maserati dan Maserati Ghibli II , yang dirilis pada tahun 1990 dan 1992, masing-masing.
Perusahaan juga bekerja longgar dengan Chrysler , yang sekarang dipimpin oleh de Tomaso sahabat Lee Iacocca . Chrysler membeli bagian dari Maserati dan dua bersama-sama menghasilkan mobil, TC Chrysler oleh Maserati .
Komentar
Posting Komentar