Langsung ke konten utama

AUDI



Audi AG adalah sebuah produsen mobil asal Jerman yang menjual mobil di berbagai macam kelas dan harga untuk kalangan menengah ke atas. Audi juga merupakan pemilik merek Ducati dan Lamborghini. Kendaraan Audi diproduksi di 7 pabrik di seluruh dunia, sedangkan merek Ducati dan Lamborghini masing-masing memiliki satu pabrik yang terletak di Italia. Kantor pusat Audi berada di Ingolstadt, Bavaria, Jerman.
Perusahaan ini dimiliki penuh (99,5%) oleh Grup Volkswagen sejak tahun 1966, setelah sebelumnya dibeli dari Daimler-Benz. Kelahiran kembali Audi ditandai dengan peluncuran Audi F103 pada tahun 1965.
Nama perusahaan ini sebenarnya berasal dari nama panggilan pendirinya August Horch, yang mempunyai arti "mendengar" dan jika diterjemahkan ke Bahasa Latin menjadi Audi.
Semboyan Audi adalah Vorsprung durch Technik, yang dapat diartikan "Keunggulan melalui teknologi".

Tanggal 14 November 1899, August Horch (1868–1951) mendirikan sebuah perusahaan bernama A. Horch & Cie. di distrik Ehrenfeld, Cologne, tapi karena adanya pertengkaran di antara dirinya dan dewan pengawas perusahaan, Horch harus mengundurkan diri. Beberapa tahun kemudian, Horch mendirikan perusahaan kedua bernama Horch Automobil-Werke GmbH tahun 1909. Mobil pertama ciptaan Audi, Audi Tipe A 10 bertenaga 22 hp Sport-Phaeton, diproduksi tahun 1910 di Zwickau.
Tahun 1909 pula, Horch dipaksa keluar dari perusahaan yang ia dirikan sendiri. Lalu ia mendirikan perusahaan baru lagi di Zwickau tapi tetap memakai nama Horch. Partner lamanya menggugat dia karena pelanggaran merk dagang. Mahkamah Agung Jerman (Reichsgericht) akhirnya memutuskan kalau merk Horch dipunyai oleh perusahaanya yang dulu.
August Horch akhirnya dilarang untuk memakai nama keluarga untuk bisnis perusahaan barunya. Ia pun mengadakan pertemuan dengan teman bisnisnya, Paul dan Franz Fikentscher. Di apartemen Franz Fikentscher, mereka mendiskusikan nama apa yang cocok untuk perusahaan baru mereka itu. Ceritanya, selagi pertemuan itu pula, anak laki-laki Franz sedang belajar bahasa Latin di pojok ruangan itu. Beberapa kali ia terlihat ingin mengatakan seseatu tapi ia terus saja belajar sampai akhirnya berkata: "Ayah– audiatur et altera pars... bukankah lebih baik disebut audi saja daripada horch?"("Horch!" dalam bahasa Jerman artinya mendengarkan, dan dalam bahasa Latin adalah "Audi".) Segera, ide ini diterima dengan antusias seluruh orang yang ada disitu. Mobil pertama Audi, Audi Tipe B, 10/28PS diluncurkan tahun 1910.
August Horch meninggalkan perusahaan ini tahun 1920 karena diangkat menjadi Menteri Transportasi, tapi masih aktif di perusahaan sebagai dewan pengawas. Tahun 1921, Audi menjadi perusahaan otomotif Jerman pertama yang meluncurkan mobilnya dalam versi setir kiri.



Penjualan mobil-mobil Audi tumbuh pesat pada tahun 2000-an, dari 653.000 unit pada tahun 2000 menjadi 1.003.000 tahun 2008. Kenaikan penjualan ini terbesar berasal dari Eropa Timur (+19.3%), Afrika (+17.2%) dan Timur Tengah (+58.5%). China, yang belakangan ini menjadi pasar mobil terbesar dunia, menyumbang penjualan 108.000 unit dari 705.000 unit pada kuartal ketiga tahun 2009. Kepopuleran Audi di China disebabkan karena para pejabat China menggunakan Audi sebagai mobil dinas mereka. Akhir 2009, Audi berhasil meraup keuntungan sebesar 1,17 juta euro (1,85 juta dolar AS) sehingga merek ini menyumbang keuntungan besar bagi Grup Volkswagen, di mana merek Volkswagen lain seperti Bentley dan SEAT malah mengalami kerugian.
Audi mempunyai 6 pabrik di seluruh dunia: Ingolstadt, Jerman (sejak 1969); Neckarsulm, Jerman (sejak 1969); Győr, Hungaria; Changchun, China (sejak 1995); Brussels, Belgia (sejak 2007); Aurangabad, India (sejak 2006).
Audi mempunyai 7 pabrik produksi di seluruh dunia. Meski begitu, beberapa komponen seperti mesin dan transmisi ada yang dibuat di pabrik-pabrik milik Grup Volkswagen.
Dua pabrik utama Audi diantaranya:
  • Ingolstadt, Dioperasikan pertama kali oleh Auto Union tahun 1964, (A3, A4, A5, Q5)
  • Neckarsulm, Diakuisisi dari NSU tahun 1969 (A6, A7, A8, R8 & all RS variants)
Di luar Jerman, Audi memproduksi mobilnya di:
  • Bratislava, bersama dengan Volkswagen, SEAT, Škoda dan Porsche (Q7)
  • Martorell, bersama dengan SEAT dan Volkswagen (Q3)
  • Györ, Hungaria, (TT dan beberapa varian A3)
  • Brussels, Belgia (A3 Cabriolet, A1)
  • Changchun, Cina sejak 1995,
  • Aurangabad, India sejak 2006.
Bulan Septembber 2012, Audi mengumumkan bahwa mereka akan membuka pabrik pertama di kawasan Amerika Utara, yaitu di Puebla, Meksiko. Pabrik ini diperkirakan akan dijalankan tahun 2016 dan akan memproduksi kelanjutan dari Q5.

Diambil dari audi wikipedia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lamborghini

Automobili Lamborghini SpA tak tertandingi  sebagai produsen ekstrim dan tanpa kompromi mobil syaiport super di seluruh dunia. Mobil Lamborghini yang tak tertandingi melalui perpaduan mereka: yaitu  desain menarik, •  dinamika berkendara tertinggi, • kemampuan teknologi, • pengerjaan canggih dan • tingkat yang sangat tinggi kualitas. Sebuah mobil sport Lamborghini eksklusif, sensual, provokatif dan selalu agaknya Italia. Hampir di tempat lain telah begitu banyak legenda mobil telah dibuat dalam beberapa dekade terakhir. Lamborghini adalah lebih dari sekedar produsen tertandingi mobil super sport, Lamborghini telah menjadi legenda dalam dunia mewah untuk waktu yang lama. Sejak Ferruccio Lamborghini disajikan mobil pertama dengan namanya dalam bentuk 350 GTV pada tahun 1963, mobil sport dari Sant'Agata Bolognese telah menjadi bagian dari gaya hidup para pecinta mobil di seluruh dunia. Miura, Countach dan Diablo hanya tiga contoh dari sejarah yang kaya merek ini. Mereka adalah salah

Porsche

Porsche Automobil Holding SE, biasanya disingkat menjadi Porsche (pengucapan Jerman: [pɔʁʃə] [3] ) atau Porsche SE, seorang Europaea Societas atau Perusahaan Publik Eropa , Jerman adalah perusahaan holding dengan investasi di industri otomotif . Porsche SE berkantor pusat di Zuffenhausen, sebuah distrik kota Stuttgart , Baden-Württemberg dan dimiliki oleh Piech dan Porsche keluarga, dan Qatar Holdings, melalui Qatar Investment Authority (10%).  Porsche dimiliki 50.73% dari suara yang hak di Volkswagen AG ,  dan 50,1% dari Zwischenholding Porsche GmbH, yang memiliki 100% dari Dr Ing. hc F. Porsche AG, produsen berbagai mobil sport dan SUV . Pada Juli 2012, diumumkan bahwa Volkswagen AG mengambil alih Porsche sepenuhnya. Perusahaan ini didirikan di Stuttgart sebagai Dr Ing. hc F. Porsche GmbH pada tahun 1931 oleh Ferdinand Porsche , seorang insinyur Austria lahir di Maffersdorf, selama masa Kekaisaran Austro-Hungaria , dan anak-in-hukum Pors

Mitsubishi

Grup Mitsubishi dikenal sebagai Kelompok Mitsubishi Perusahaan atau Perusahaan Mitsubishi) adalah Jepang multinasional konglomerat yang terdiri dari berbagai usaha otonom yang berbagi Mitsubishi merek , merek dagang , dan warisan. Kelompok Mitsubishi perusahaan membentuk entitas longgar, Mitsubishi Keiretsu , yang sering dirujuk dalam bahasa Jepang dan AS media dan laporan resmi, secara umum perusahaan-perusahaan semua turun dari zaibatsu dengan nama yang sama. Top 25 perusahaan juga anggota Kin'yōkai Mitsubishi, atau "Jumat Club", dan bertemu setiap bulan. Selain itu Komite Mitsubishi.com ada untuk memfasilitasi komunikasi dan akses dari merek Mitsubishi melalui situs web portal. Perusahaan Mitsubishi pertama kali didirikan sebagai pengiriman perusahaan dengan Yataro Iwasaki (1834-1885) pada tahun 1870. Pada tahun 1873, namanya diubah menjadi Mitsubishi Shokai. Nama Mitsubishi ( 三 菱 terdiri dari dua bagian: "Mitsu" yang berarti