Langsung ke konten utama

FORD



Ford Motor Company (atau hanya Ford atau FoMoCo, NYSE: F) adalah sebuah produsen mobil asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Henry Ford di Detroit, Michigan dan diresmikan pada 16 Juni 1903.
Ford memperbaharui secara radikal metode produksi mobil skala besar dan manajemen tenaga kerja industri berskala besar. Ford menerapkan gagasan Eli Whitney, yang mengembangkan lini perakitan pertama yang menggunakan bagian-bagian yang dapat tergantikan, yang membuatnya memungkinkan untuk membuat mobil dengan harga yang jauh lebih rendah dan dengan kepercayaan yang lebih besar dan pengulangan yang lebih besar juga.
Kantor pusat dari Ford Motor Company terletak di Dearborn, Michigan.



 Henry Ford yang dilahirkan pada tanggal 30 Juli 1863 berasal dari keluarga petani miskin. Ketiadaan biaya membuatnya tidak bisa melanjutkan pendidikan ke bangku SLTP. Setelah lulus SD ia membantu ayahnya di pertanian keluarga.

 Ketertarikannya pada permesinan membuat Henry memutuskan magang di Drydock Engine Works. Keputusan itu sempat membuat ayahnya murka. Untungnya kemarahan ayahnya tidak berlangsung lama, setelah mendengar kabar betapa pesatnya kemajuan Henry di Drydock Engine Works tersebut. Dalam sejarah Drydock Engine Works, mereka yang magang membutuhkan waktu latihan selama 3 tahun untuk menjadi seorang ahli mesin. Tapi Henry Ford hanya butuh latihan kurang dari satu tahun untuk menjadi ahli mesin yang benar-benar handal.

Beberapa saat setelah selesai magang di Drydock Engine Works, Henry medapat tawaran untuk bekerja sebagai ahli mesin di Detroit Edison Company. Di tempat baru ini Henry kemudian menyadari keterbatasan pengetahuannya yang hanya sebatas magang di Drydock Engine Works. Cita-citanya tak akan dapat diwujudkan jika ia tidak memperdalam ilmunya. Karena itu Henry rajin menambah pengetahuannya tentang mesin dari majalah-majalah ilmiah yang terbit pada masa itu. Tidak itu saja, selepas kerja di Detroit Edison Company Henry juga melakukan penelitian dan percobaan di gudang kecil di belakang rumah sewaannya.

Di tahun 1892, atau persis 17 tahun setelah pertama kali menyaksikan kereta yang jalan sendiri tanpa ditarik kuda, Henry Ford menggemparkan penduduk Detroit. Ia keluar dari bengkelnya menunggang kuda besi yang mesinnya digerakkan oleh uap minyak bumi. Sesuatu yang menurut pakar-pakar mesin sangat mustahil, berhasil diwujudkan Henry Ford menjadi kenyataan. Ia berhasil membuat mobil pertama dalam peradaban manusia, yang mesinnya digerakkan uap minyak bumi.

Untuk memperkenalkan produksinya kepada masyarakat luas Henry Ford merancang 2 unit mobil untuk balapan yang diberi nama “999″ dan “Arrow”. Pada musim balapan tahun 1903, kedua mobil ciptaan Henry Ford diikutsertakan dan langsung keluar sebagai pemenang dengan meninggalkan lawan-lawannya lebih dari setengah mil di belakang. Dengan kemenangan gemilang itu, publisitas produk-produk Ford Motor melejit ke atas. Ford Motor Company mulai merangkak naik. Tahun 1905, produksi Ford laku terjual 1700 unit.

sumber : http://redeyedevil.wordpress.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lamborghini

Automobili Lamborghini SpA tak tertandingi  sebagai produsen ekstrim dan tanpa kompromi mobil syaiport super di seluruh dunia. Mobil Lamborghini yang tak tertandingi melalui perpaduan mereka: yaitu  desain menarik, •  dinamika berkendara tertinggi, • kemampuan teknologi, • pengerjaan canggih dan • tingkat yang sangat tinggi kualitas. Sebuah mobil sport Lamborghini eksklusif, sensual, provokatif dan selalu agaknya Italia. Hampir di tempat lain telah begitu banyak legenda mobil telah dibuat dalam beberapa dekade terakhir. Lamborghini adalah lebih dari sekedar produsen tertandingi mobil super sport, Lamborghini telah menjadi legenda dalam dunia mewah untuk waktu yang lama. Sejak Ferruccio Lamborghini disajikan mobil pertama dengan namanya dalam bentuk 350 GTV pada tahun 1963, mobil sport dari Sant'Agata Bolognese telah menjadi bagian dari gaya hidup para pecinta mobil di seluruh dunia. Miura, Countach dan Diablo hanya tiga contoh dari sejarah yang kaya merek ini. Mereka adalah salah

Porsche

Porsche Automobil Holding SE, biasanya disingkat menjadi Porsche (pengucapan Jerman: [pɔʁʃə] [3] ) atau Porsche SE, seorang Europaea Societas atau Perusahaan Publik Eropa , Jerman adalah perusahaan holding dengan investasi di industri otomotif . Porsche SE berkantor pusat di Zuffenhausen, sebuah distrik kota Stuttgart , Baden-Württemberg dan dimiliki oleh Piech dan Porsche keluarga, dan Qatar Holdings, melalui Qatar Investment Authority (10%).  Porsche dimiliki 50.73% dari suara yang hak di Volkswagen AG ,  dan 50,1% dari Zwischenholding Porsche GmbH, yang memiliki 100% dari Dr Ing. hc F. Porsche AG, produsen berbagai mobil sport dan SUV . Pada Juli 2012, diumumkan bahwa Volkswagen AG mengambil alih Porsche sepenuhnya. Perusahaan ini didirikan di Stuttgart sebagai Dr Ing. hc F. Porsche GmbH pada tahun 1931 oleh Ferdinand Porsche , seorang insinyur Austria lahir di Maffersdorf, selama masa Kekaisaran Austro-Hungaria , dan anak-in-hukum Pors

Mitsubishi

Grup Mitsubishi dikenal sebagai Kelompok Mitsubishi Perusahaan atau Perusahaan Mitsubishi) adalah Jepang multinasional konglomerat yang terdiri dari berbagai usaha otonom yang berbagi Mitsubishi merek , merek dagang , dan warisan. Kelompok Mitsubishi perusahaan membentuk entitas longgar, Mitsubishi Keiretsu , yang sering dirujuk dalam bahasa Jepang dan AS media dan laporan resmi, secara umum perusahaan-perusahaan semua turun dari zaibatsu dengan nama yang sama. Top 25 perusahaan juga anggota Kin'yōkai Mitsubishi, atau "Jumat Club", dan bertemu setiap bulan. Selain itu Komite Mitsubishi.com ada untuk memfasilitasi komunikasi dan akses dari merek Mitsubishi melalui situs web portal. Perusahaan Mitsubishi pertama kali didirikan sebagai pengiriman perusahaan dengan Yataro Iwasaki (1834-1885) pada tahun 1870. Pada tahun 1873, namanya diubah menjadi Mitsubishi Shokai. Nama Mitsubishi ( 三 菱 terdiri dari dua bagian: "Mitsu" yang berarti